Artificial Intelligence (Kecerdasan
Buatan)
Kecerdasan Buatan didefinisikan sebagai
kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini
umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu
mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan
manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain
sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan
dan robotika. Penelitian dalam AI
menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang
membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian,
perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan
pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti
itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada
penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering
digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang
telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video
game.
·
Games Mengunakan AI (Artificial Intelligence)
Perkembangan Game yang pesat pada masa sekarang
ini juga membutuhkan sesuatu yang berbeda pada rule permainannya. Sebuah sistem
game jika sudah dimainkan sampai tuntas oleh seorang player, maka ketika player
yang sama memulai lagi permainan dari awal, maka rule permainannya akan sama.
namun berbeda untuk game-game yang telah ada saat ini. sistem dalam game, dapat
belajar mengenali pola permainan dari player dan ketika player tersebut memulai
permainan kembali, maka sistem ini akan menggunakan rule yang berbeda untuk
pemain yang sama. Sehingga game menjadi
lebih menarik dan menantang untuk dimainkan. Contoh aplikasi kecerdasan buatan
dalam bentuk game sangat banyak sekali, ada yang berbentuk game PC, dan ada
pula yang berbentuk game jaringan.
Pada
penulisan ini saya akan memberikan contoh permainan games yaitu pada game The
Sims. The Sims adalah permainan komputer simulasi strategik yang dibuat
oleh designer permainan Will Wright, dipublikasi oleh Maxis, dan di distribusikan
oleh Electronic Arts. Permainan ini adalah simulasi aktivitas sehari-hari dalam
rumah tangga. The Sims berfokus pada kehidupan orang virtual yang disebut
sebagai Sims. Pemain dapat mengontrol aktivitas keseharian Sims, seperti
menyuruhnya tidur, makan, membaca, atau mandi dan lain sebagainya. The Sims
sebagai permainan rumah-rumahan digital, Selain itu kita juga dapat membuat
orang dengan karakter kita masing-masing. Karakter yang dipilih memiliki sifat
yang mungkin bisa baik atau jahat. Dia bisa merancang objek-objek bahkan
rumah-rumah tempat karakter tinggal. Dia juga bisa memberikan perintah,
meskipun ia hanya dapat mengontrol sebuah keluarga pada suatu waktu.
Karakter-karakter lain juga dikendalikan oleh komputer. AI juga menangani
tindakan dasar (sifat dan fisik karakter) dan menyediakan perilaku default
untuk sims mereka agar mampu bertahan hidup tanpa campur tangan pemain/user.
Ini mengarah ke salah satu aspek yang paling penting dari permainan, aktifitas
yang dilakukan bisa secara otomatis tergantung konfigurasi oleh gamer. Karakter
bisa hidup sendiri dan menciptakan cerita. Beberapa pemain bisa hanya
menyiapkan permainan dan menonton apa yang akan terjadi. Namun, AI melakukan
batasan pada standar ini agar tidak terlalu serba terotomatisasi, gamer atau user
harus ikut berpartisipasi pada kelangsungan hidup pada karakter para pemain yang
akan membuat ketertarikan sendiri untuk bermain. The sims AI berlangsung di
beberapa tingkatan, yaitu Sifat dan
fisik karakter, Pengambilan Keputusan dan Interaksi sosial.
