<marquee direction="left">Tugas Softskill Pengantar Telematika (Artificial Intelligence) </marquee> - Els Blog's

Friday, January 13, 2017

Tugas Softskill Pengantar Telematika (Artificial Intelligence)

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

      Kecerdasan Buatan didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.



      ·         Games Mengunakan AI (Artificial Intelligence)

     Perkembangan Game yang pesat pada masa sekarang ini juga membutuhkan sesuatu yang berbeda pada rule permainannya. Sebuah sistem game jika sudah dimainkan sampai tuntas oleh seorang player, maka ketika player yang sama memulai lagi permainan dari awal, maka rule permainannya akan sama. namun berbeda untuk game-game yang telah ada saat ini. sistem dalam game, dapat belajar mengenali pola permainan dari player dan ketika player tersebut memulai permainan kembali, maka sistem ini akan menggunakan rule yang berbeda untuk pemain yang sama.  Sehingga game menjadi lebih menarik dan menantang untuk dimainkan. Contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bentuk game sangat banyak sekali, ada yang berbentuk game PC, dan ada pula yang berbentuk game jaringan.

    Pada penulisan ini saya akan memberikan contoh permainan games yaitu pada game The Sims. The Sims adalah permainan komputer simulasi strategik yang dibuat oleh designer permainan Will Wright, dipublikasi oleh Maxis, dan di distribusikan oleh Electronic Arts. Permainan ini adalah simulasi aktivitas sehari-hari dalam rumah tangga. The Sims berfokus pada kehidupan orang virtual yang disebut sebagai Sims. Pemain dapat mengontrol aktivitas keseharian Sims, seperti menyuruhnya tidur, makan, membaca, atau mandi dan lain sebagainya. The Sims sebagai permainan rumah-rumahan digital, Selain itu kita juga dapat membuat orang dengan karakter kita masing-masing. Karakter yang dipilih memiliki sifat yang mungkin bisa baik atau jahat. Dia bisa merancang objek-objek bahkan rumah-rumah tempat karakter tinggal. Dia juga bisa memberikan perintah, meskipun ia hanya dapat mengontrol sebuah keluarga pada suatu waktu. Karakter-karakter lain juga dikendalikan oleh komputer. AI juga menangani tindakan dasar (sifat dan fisik karakter) dan menyediakan perilaku default untuk sims mereka agar mampu bertahan hidup tanpa campur tangan pemain/user. Ini mengarah ke salah satu aspek yang paling penting dari permainan, aktifitas yang dilakukan bisa secara otomatis tergantung konfigurasi oleh gamer. Karakter bisa hidup sendiri dan menciptakan cerita. Beberapa pemain bisa hanya menyiapkan permainan dan menonton apa yang akan terjadi. Namun, AI melakukan batasan pada standar ini agar tidak terlalu serba terotomatisasi, gamer atau user harus ikut berpartisipasi pada kelangsungan hidup pada karakter para pemain yang akan membuat ketertarikan sendiri untuk bermain. The sims AI berlangsung di beberapa tingkatan, yaitu  Sifat dan fisik karakter, Pengambilan Keputusan dan Interaksi sosial.

Image result for the sims